Friday, December 16, 2016

Pizza Super Enak!




Sejak punya rebread, hal ulen menguleni sudah nggak jadi masalah. Dulu pas baca resep pizza terjemahan versi Reinhart yang diklaim paling enak rotinya. Gue hanya mampu menahan diri. Gue pikir nggak akan pernah lagi coba-coba melawan takdir untuk menguleni dengan pergelangan yang lebarnya nggak lebih dari 5 cm. Mungkin yang baca melongo bayanginnya. Hahaha... tapi gue sehat ya.. nggak penyakitan.

Resep pizza ini tetep praktis kalo ada rebread ato mixer heavy duty. Tapi kalo nggak? Lu siap-siap pake tenaga Samson deh. Terus bukan berarti resep pizza yang lama nggak enak ya...

Resep kemarin tetep enak dan paling praktis kok. Soalnya nggak pake ulen-ulen. Terus cepet banget dan bahannya juga cuma 5. Jadi buat yang nggak mau ulen-ulen boleh tetep make resep itu.

Cukup 5 Bahan Adonan Pizza:
500 gram Tepung protein tinggi
1 1/2 sdt Garam
1 sdt Fermipan (7 gram)
50 ml Minyak zaitun / goreng
400 ml Air es
Sedikit tambahan tepung terigu untuk taburan.

Bahan saus :
3 sdm Saus spaghetti instan
2 sdm Saus tomat botol

Topping :
1/2 kotak Keju mozarella atau quick melt boleh dipotong kotak atau diparut, suka-sukalah..
1 bh Sosis Kanzler atau smoked beef atau daging cincang matang
1/2 btr Bawang bombay
1 bh Tomat
6 butir jamur kancing, iris tipis

Paling enak dibikin 1 hari sebelumnya, jadi bisa masuk kulkas semalaman, rasanya jadi lebih enak, tapi kalopun nggak sempet juga ga papa. Tetep enak kok. Cukup diamkan adonan sampai mengembang 2 kali. Kira-kira 40 menit.

Caranya :
Masukkan air es, garam, minyak sayur, terigu dan ragi. Pencet menu nomor 11 untuk menguleni pada rebread. Setelah 23 menit proses selesai. Taburi papan dengan tepung terigu, tuang adonan sampai bersih, bantu dengan spatula, adonan elastis masih agak lengket dan menempel di dasar. Setelahnya taburi lagi tepung terigu bagian atasnya.
Bagi adonan menjadi 4 bagian. Olesi masing-masing dengan minyak yang agak banyak sampai merata. Gue maen tuang-tuangin aja tuh sedikit-sedikit tiap adonan, biar cepet.

Hasilnya setelah dioles minyak, tanpa edit

Tutup rapat dengan plastik, simpan dikulkas semalaman. Boleh juga langsung dioles saus, tabur topping dan dipanggang 30 menit dengan suhu 180°c.



Selesai.

No comments:

Post a Comment